Pendidikan
Mengasah Keterampilan Prakarya: Soal Pilihan Kelas 7

Mengasah Keterampilan Prakarya: Soal Pilihan Kelas 7

Pembelajaran prakarya di kelas 7 semester 1 Kurikulum 2013 dirancang untuk menumbuhkan kreativitas, kemandirian, dan pemahaman siswa terhadap berbagai jenis kerajinan dan kewirausahaan dasar. Materi yang disajikan umumnya mencakup kerajinan tangan dari bahan alam, kerajinan tekstil sederhana, hingga pengenalan budidaya tanaman pangan. Agar para siswa dapat mengukur pemahaman dan kesiapan mereka dalam menghadapi penilaian, penting bagi mereka untuk berlatih dengan contoh soal. Artikel ini akan menyajikan serangkaian contoh soal pilihan ganda yang mencakup berbagai topik dalam prakarya kelas 7 semester 1 Kurikulum 2013, disertai dengan penjelasan singkat untuk membantu pemahaman.

Outline Artikel:

  1. Pendahuluan: Pentingnya Prakarya dan Latihan Soal.
  2. Bagian 1: Kerajinan Bahan AlamMengasah Keterampilan Prakarya: Soal Pilihan Kelas 7
    • Pengertian dan Contoh Bahan Alam.
    • Teknik Pengolahan Bahan Alam.
    • Contoh Soal dan Pembahasan.
  3. Bagian 2: Kerajinan Tekstil Sederhana
    • Pengertian dan Jenis Kerajinan Tekstil.
    • Teknik Dasar Kerajinan Tekstil.
    • Contoh Soal dan Pembahasan.
  4. Bagian 3: Budidaya Tanaman Pangan Sederhana
    • Konsep Dasar Budidaya.
    • Jenis Tanaman Pangan dan Cara Penanaman.
    • Contoh Soal dan Pembahasan.
  5. Bagian 4: Kewirausahaan Dasar
    • Konsep Wirausaha.
    • Pentingnya Produk yang Bernilai Jual.
    • Contoh Soal dan Pembahasan.
  6. Penutup: Pentingnya Latihan Berkelanjutan.

1. Pendahuluan: Pentingnya Prakarya dan Latihan Soal

Prakarya bukan sekadar mata pelajaran yang mengajarkan keterampilan membuat sesuatu. Lebih dari itu, prakarya melatih siswa untuk berpikir kritis, berinovasi, memecahkan masalah, dan mengembangkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Di kelas 7 semester 1, siswa diperkenalkan pada dasar-dasar berbagai bidang prakarya, mulai dari memanfaatkan sumber daya alam menjadi karya seni hingga menanam tumbuhan yang bermanfaat.

Memahami materi secara teori saja tidak cukup. Siswa perlu menguji sejauh mana pemahaman mereka melalui latihan soal. Latihan soal membantu mengidentifikasi area yang masih lemah, memperkuat ingatan terhadap konsep-konsep penting, dan membiasakan diri dengan format pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian. Dengan berlatih, siswa dapat membangun kepercayaan diri dan meraih hasil yang optimal dalam pembelajaran prakarya.

2. Bagian 1: Kerajinan Bahan Alam

Pengertian dan Contoh Bahan Alam

Kerajinan bahan alam adalah karya seni yang dibuat dengan memanfaatkan material yang berasal dari alam, seperti tumbuhan (kayu, bambu, daun, buah kering, biji-bijian) dan hewan (kulit, tulang, cangkang). Bahan-bahan ini memiliki keunikan tekstur, warna, dan bentuk alami yang dapat diolah menjadi produk bernilai estetika dan fungsional.

Teknik Pengolahan Bahan Alam

Proses pengolahan bahan alam bervariasi tergantung pada jenis bahan. Beberapa teknik umum meliputi:

  • Mengukir: Membentuk material padat seperti kayu atau batu dengan alat ukir.
  • Merangkai: Menggabungkan berbagai elemen bahan alam menggunakan perekat atau pengikat.
  • Membentuk: Mengubah bentuk bahan alam seperti tanah liat menjadi objek tiga dimensi.
  • Mewarnai: Memberikan warna pada bahan alam menggunakan pewarna alami atau sintetis.
See also  Perkembangbiakan Tumbuhan: Contoh Soal UTS Kelas 3

Contoh Soal dan Pembahasan:

  1. Salah satu contoh kerajinan bahan alam yang berasal dari tumbuhan adalah…
    a. Patung dari gips
    b. Tas dari kulit ikan
    c. Ukiran kayu jati
    d. Keramik dari tanah liat

    Pembahasan: Pilihan c adalah jawaban yang tepat karena kayu jati merupakan bahan alam dari tumbuhan yang dapat diukir menjadi karya seni. Pilihan a adalah bahan sintetis, b dari hewan, dan d dari tanah liat (meskipun tanah liat adalah alam, konteks soal mengarah pada bahan yang lebih umum ditemukan dan diolah).

  2. Teknik pengolahan bahan alam yang dilakukan dengan memahat atau mengikis permukaan kayu untuk menciptakan motif atau bentuk disebut…
    a. Merangkai
    b. Mengukir
    c. Membentuk
    d. Melipat

    Pembahasan: Jawaban yang benar adalah b. Mengukir adalah teknik yang spesifik untuk membentuk material keras seperti kayu melalui proses pemahatan.

  3. Daun kering sering dimanfaatkan dalam kerajinan tangan. Salah satu cara mengolah daun kering agar lebih awet dan menarik adalah dengan…
    a. Menyemprotnya dengan cat semprot
    b. Memberikan lapisan pelindung seperti vernis atau laminating
    c. Menjemurnya di bawah sinar matahari langsung hingga rapuh
    d. Merendamnya dalam air selama seminggu

    Pembahasan: Pilihan b adalah metode yang tepat untuk menjaga keawetan dan penampilan daun kering. Cat semprot (a) bisa merusak tekstur, menjemur terlalu lama (c) membuatnya rapuh, dan merendam dalam air (d) akan membuat daun membusuk.

3. Bagian 2: Kerajinan Tekstil Sederhana

Pengertian dan Jenis Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil adalah seni membuat benda-benda fungsional maupun dekoratif menggunakan bahan dasar kain atau benang. Bahan tekstil sangat beragam, mulai dari katun, sutra, wol, hingga serat sintetis.

Beberapa jenis kerajinan tekstil yang umum dipelajari di kelas 7 meliputi:

  • Menjahit: Membuat pakaian, tas, atau aksesori dengan menyatukan kain menggunakan jarum dan benang.
  • Menyulam: Menghias kain dengan motif menggunakan benang dan jarum sulam.
  • Membatik: Membuat motif pada kain menggunakan lilin dan pewarna.
  • Merajut/Menganyam: Membuat produk dari benang atau tali menggunakan alat rajut atau teknik anyam.

Teknik Dasar Kerajinan Tekstil

Teknik dasar yang penting dalam kerajinan tekstil antara lain:

  • Potong Kain: Menggunting kain sesuai pola yang diinginkan.
  • Menjahit Dasar: Membuat berbagai jenis jahitan seperti jahitan lurus, tusuk jelujur, atau tusuk feston.
  • Menggunting Pola: Memotong kain mengikuti garis pola yang telah dibuat.
  • Menggabungkan Kain: Menyatukan dua potong kain atau lebih.

Contoh Soal dan Pembahasan:

  1. Membuat motif pada kain dengan cara menutup sebagian permukaan kain dengan lilin panas, lalu dicelupkan ke dalam pewarna, merupakan teknik dari kerajinan…
    a. Menyulam
    b. Menjahit
    c. Membatik
    d. Merajut

    Pembahasan: Teknik yang dijelaskan adalah ciri khas dari seni membatik, sehingga jawaban yang tepat adalah c.

  2. Dalam membuat kerajinan tas sederhana dari kain perca, teknik dasar yang paling penting untuk menyatukan potongan-potongan kain adalah…
    a. Membatik
    b. Menyulam
    c. Menjahit
    d. Mengukir

    Pembahasan: Untuk menyatukan potongan kain menjadi sebuah tas, teknik menjahit adalah yang paling esensial. Pilihan a, b, dan d tidak relevan untuk fungsi penyatuan kain.

  3. Jika seorang siswa ingin membuat taplak meja dengan hiasan bunga menggunakan benang berwarna, maka teknik kerajinan tekstil yang paling cocok adalah…
    a. Merajut
    b. Menjahit
    c. Membatik
    d. Menyulam

    Pembahasan: Menghias kain dengan motif menggunakan benang dan jarum adalah definisi dari menyulam. Pilihan a dan c membuat produk baru, sedangkan b lebih ke penyatuan.

See also  Perkembangbiakan Kelas 3 SD: Soal UTS

4. Bagian 3: Budidaya Tanaman Pangan Sederhana

Konsep Dasar Budidaya

Budidaya tanaman pangan adalah kegiatan menanam, memelihara, dan memanen tumbuhan yang menghasilkan makanan pokok atau sumber karbohidrat bagi manusia. Kegiatan ini memerlukan pemahaman tentang jenis tanah, bibit unggul, kebutuhan air dan nutrisi, serta pengendalian hama dan penyakit.

Jenis Tanaman Pangan dan Cara Penanaman

Beberapa tanaman pangan yang umum dibudidayakan di Indonesia antara lain padi, jagung, singkong, ubi jalar, dan sayuran seperti tomat atau cabai. Cara penanaman bervariasi, ada yang melalui biji, stek batang, atau cangkok.

Contoh Soal dan Pembahasan:

  1. Tanaman pangan yang dapat diperbanyak melalui biji dan biasanya ditanam di lahan sawah atau ladang adalah…
    a. Singkong
    b. Jagung
    c. Ubi jalar
    d. Kangkung

    Pembahasan: Jagung merupakan tanaman pangan yang umum ditanam dari biji, baik di sawah maupun ladang. Singkong dan ubi jalar biasanya diperbanyak dari stek batang, sementara kangkung juga dari biji namun lebih sering di lahan basah atau sawah. Pilihan b adalah yang paling tepat konteksnya.

  2. Agar tanaman yang baru ditanam tumbuh subur, kebutuhan utama yang harus dipenuhi adalah…
    a. Sinar matahari dan pupuk
    b. Air, sinar matahari, dan nutrisi
    c. Angin kencang dan tanah gembur
    d. Cangkul dan sekop

    Pembahasan: Jawaban yang paling komprehensif adalah b. Tanaman membutuhkan air untuk proses fotosintesis dan transportasi nutrisi, sinar matahari sebagai sumber energi, serta nutrisi dari tanah atau pupuk untuk pertumbuhan.

  3. Dalam proses budidaya, pengendalian hama dan penyakit sangat penting. Salah satu cara yang ramah lingkungan untuk mengatasi hama adalah dengan…
    a. Menyemprotkan pestisida kimia secara rutin
    b. Menggunakan pestisida nabati dari tumbuhan seperti daun sirsak
    c. Membiarkan hama berkembang biak
    d. Membakar lahan pertanian

    Pembahasan: Pilihan b merupakan contoh pengendalian hama yang ramah lingkungan. Pilihan a menggunakan bahan kimia yang bisa berdampak buruk, c merusak tanaman, dan d merusak ekosistem.

See also  Bank Soal Sejarah Wajib Kelas 11 Semester 1

5. Bagian 4: Kewirausahaan Dasar

Konsep Wirausaha

Kewirausahaan adalah sikap mental, pandangan, wawasan, dan kemampuan seseorang dalam menghadapi tantangan hidup di dunia usaha. Seorang wirausahawan mampu melihat peluang, mengambil risiko, dan mengelola sumber daya untuk menciptakan produk atau jasa yang bernilai.

Pentingnya Produk yang Bernilai Jual

Dalam konteks prakarya, produk yang dihasilkan tidak hanya indah secara estetika, tetapi juga memiliki potensi untuk dijual. Ini berarti produk tersebut harus memiliki kualitas baik, desain menarik, dan memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.

Contoh Soal dan Pembahasan:

  1. Seorang siswa membuat kerajinan tangan dari limbah botol plastik yang diubah menjadi tempat pensil menarik. Hal ini menunjukkan penerapan konsep…
    a. Konsumtif
    b. Wirausaha
    c. Produktivitas rendah
    d. Konservasi energi

    Pembahasan: Mengubah limbah menjadi produk bernilai jual adalah ciri khas dari jiwa wirausaha, yaitu kreativitas dalam melihat peluang dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

  2. Agar produk kerajinan tangan yang dibuat siswa memiliki nilai jual yang baik, selain kualitas bahan dan pengerjaan, faktor penting lainnya adalah…
    a. Harga yang sangat mahal
    b. Desain yang unik dan menarik
    c. Produksi dalam jumlah sedikit
    d. Hanya dijual kepada teman dekat

    Pembahasan: Desain yang unik dan menarik (b) sangat berperan dalam menarik minat pembeli dan memberikan nilai tambah pada produk. Harga yang terlalu mahal (a) bisa menghambat penjualan, produksi sedikit (c) tidak selalu menjadi faktor utama, dan membatasi pasar (d) mengurangi potensi keuntungan.

  3. Salah satu prinsip dasar kewirausahaan adalah kemampuan untuk…
    a. Menghindari risiko sekecil apapun
    b. Mencari keuntungan instan tanpa kerja keras
    c. Melihat peluang dan mengambil tindakan
    d. Bergantung sepenuhnya pada orang lain

    Pembahasan: Seorang wirausahawan yang efektif mampu mengidentifikasi peluang yang ada dan berani mengambil langkah atau tindakan untuk mewujudkannya.

6. Penutup: Pentingnya Latihan Berkelanjutan

Contoh-contoh soal di atas mencakup beberapa topik kunci dalam prakarya kelas 7 semester 1 Kurikulum 2013. Latihan secara rutin dengan berbagai jenis soal, termasuk soal cerita atau studi kasus, akan sangat membantu siswa dalam memperdalam pemahaman mereka. Ingatlah bahwa prakarya adalah tentang praktik dan kreativitas. Teori yang kuat akan mendukung aplikasi praktis yang lebih baik. Teruslah berlatih, bereksperimen, dan jangan takut untuk mencoba hal baru dalam setiap karya yang kalian ciptakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *